Apa Itu Sapi Limosin Yang Jadi Pilihan Hewan Kurban Gibran

Apa Itu Sapi Limosin sebagai pilihan hewan kurban yang di pilih oleh gibran dan jokowi serta para pejabat kelas kakap juga para artis di Indonesia ? Yuk, simak penjelasannya dihalaman ini.

Sebelum mengenal sapi kita ketahui dulu apa itu kurban ? pengertian kurban adalah salah satu ibadah dalam agama Islam di mana umat Muslim menyembelih hewan tertentu sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Ibadah kurban dilakukan pada hari raya Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Islam! Hewan yang umumnya di sembelih untuk kurban adalah sapi, kambing, atau domba.

Lalu, daging dari hewan kurban dibagi-bagikan kepada orang-orang yang membutuhkan, seperti fakir miskin, janda, yatim piatu, dan masyarakat lainnya yang memerlukan bantuan.

Dengan kata lain kurban merupakan salah satu tradisi penting dalam Islam yang mengajarkan nilai kepedulian sosial dan pengorbanan.

Baca Berita Lainnya: 8 Model Pintu Sliding Geser Alumunium Di Sertai Harga

Lantas, Apa Itu Sapi Limosin ?

Sapi Limosin adalah salah satu ras sapi yang terkenal di dunia karena kemampuannya dalam menghasilkan daging berkualitas tinggi.

Asalnya berasal dari daerah Limousin di Prancis. Sapi Limosin di kenal memiliki tubuh yang besar dan otot yang kuat, sehingga sangat cocok untuk peternakan daging.

Mereka juga di kenal karena kemampuan adaptasi yang baik terhadap lingkungan yang berbeda-beda.

Daging sapi Limosin biasanya memiliki kualitas yang baik, rendah lemak, dan berlemak intramuskular tinggi, sehingga banyak diminati oleh pasar daging premium.

Sapi Kurban Presiden Jokowi

Presiden Jokowi itu sendiri telah biasa membagikan hewan kurban di berbagai provinsi di Indonesia menjelang Hari Raya Iduladha.

Tahun ini, beliau akan menyembelih 68 ekor sapi dengan berat antara 800 kilogram hingga 1 ton.

Mayoritas hewan tersebut akan dikirim ke setiap provinsi di Indonesia dan dikelola oleh pemerintah provinsi masing-masing.

Sebanyak 38 ekor sapi akan didistribusikan ke setiap provinsi, sementara satu ekor untuk Masjid Istiqlal.

Dan satunya lagi untuk Masjid Darussalam IKN serta satu ekor sapi khusus untuk masjid tempat Presiden Jokowi melaksanakan Salat Iduladha.

Kasetpres Heru Budi Hartono menyatakan dalam jumpa pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6/2024), bahwa setiap provinsi, termasuk Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara, akan menerima satu arahan khusus dari Bapak Presiden.

Gibran Sumbang Sapi Ini 700kg

Gibran Rakabuming Raka, yang telah terpilih sebagai Wakil Presiden, turut serta dalam tradisi kurban dengan menyumbangkan satu ekor sapi ke Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan.

Informasi ini disampaikan oleh Tatang Komara, Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, yang mengungkapkan bahwa sumbangan sapi tersebut datang langsung dari Gibran Rakabuming Raka.

Tahun ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Gibran yang selama ini menjabat sebagai Wali Kota Solo dan terpilih sebagai Wakil Presiden periode 2024-2029, telah menitipkan satu ekor sapi di sini,” ujar Tatang pada Ahad, 16 Juni 2024.

Sapi kurban yang disumbangkan oleh Gibran diketahui merupakan jenis limosin dengan berat mencapai 700 kilogram.

Tatang menambahkan, sapi tersebut diantar ke masjid oleh staf Gibran pada hari Sabtu sebelumnya, sekitar pukul 8 pagi.

Masjid Agung Al-Azhar secara total menerima sumbangan 13 ekor sapi dan 25 ekor kambing untuk pelaksanaan kurban pada perayaan Idul Adha tahun ini.

Proses pemotongan hewan kurban direncanakan di lakukan besok, Senin, 17 Juni 2024.

Daging kurban akan didistribusikan kepada para penerima yang telah terdaftar dalam database milik masjid. Kami memiliki database jamaah intern, karyawan, pegawai, serta masyarakat umum,” jelas Tatang. “Pembagian daging kurban direncanakan akan dilaksanakan besok sekitar pukul 3 sore.

Zahrudin Sultoni, Ketua Takmir Masjid Al-Azhar Kebayoran, Jakarta Selatan, mengungkapkan bahwa sapi kurban yang disumbangkan oleh Gibran merupakan yang terbesar yang pernah ada di Masjid Agung Al-Azhar.

Kemarin saya melihat sapi jenis limosin tersebut, sepertinya merupakan yang terbesar yang pernah kami terima di sini,” ucapnya.

Hari ini, Ahad, 16 Juni 2024, Masjid Agung Al-Azhar telah melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah. Salat Idul Adha di masjid dimulai pada pukul 07.14 WIB dan berakhir 12 menit setelahnya.

Mukhtar Ibnu menjadi imam Salat Idul Adha, sedangkan Anwar R. Prawira bertindak sebagai khatib.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More