12 Arsitek Dunia Yang Terkenal Di Sertai Gambar Karya Ikonisnya

Arsitek Dunia – Bangunan-bangunan ikonik yang familiar bukanlah hasil kemunculan tiba-tiba belaka. Di balik kemegahan dan keindahannya, terselip seorang arsitek dunia sebagai otak utama di balik perancangan gedung atau tempat tinggal tersebut.

Dari berbagai arsitek terkenal di seluruh dunia, ada beberapa tokoh yang karyanya memiliki dampak yang signifikan.

Keistimewaan arsitek ini terletak pada nilai seni yang terpancar dalam setiap karyanya, memberikan sentuhan unik yang menjadi daya tarik khususnya.

Tidak hanya itu, beberapa arsitek terkenal yang akan kita bahas ini di akui sebagai pelopor gaya arsitektur yang unik, sehingga mereka memperoleh berbagai penghargaan prestisius.

Arsitek terkenal didunia ini bisa menjadi inspirasi dalam membangun rumah Rp 50juta yang mungkin saja akan kamu realisasikan pembangunan-nya di masa depan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang siapa saja arsitek-arsitek ini? Ayo simak dengan seksama ulasan komprehensif mengenai para maestro arsitektur terkenal di dunia ini.

12 Arsitek Dunia Yang Terkenal

Berikut inilah sejumlah arsitek yang sudah sangat terkenal di seluruh dunia dengan karya Ikonisnya mereka yang sangat di kagumi, sebagai berikut:

1. Philip Johnson

arstiek terkenal dunia philip johnson

Seseorang yang berperan penting dalam pendirian Departemen Arsitektur dan Desain di Museum of Modern Art, New York, adalah tokoh yang satu ini.

Gaya modern yang mencolok pada zamannya menjadi ciri khas karya-karyanya sendiri.

Tidak hanya itu, arsitek modern ini terkenal karena kerap mengaplikasikan bahan-bahan seperti kaca, kristal, dan besi, yang membuatnya meraih ketenaran di skala internasional.

2. Lioh Ming Pei

arsitek dunia Ieoh Min Pei 1
arsitek dunia Ieoh Min Pei 2

Lioh Ming Pei, seorang arsitek keturunan Tionghoa Amerika, diakui sebagai ahli dalam arsitektur bangunan modern.

Karyanya dianggap sebagai kelanjutan dari gaya internasional yang sebelumnya di perkenalkan oleh Le Corbusier.

3. Richard Meier

arsitek-dunia-Richard-Meier-1-min
arsitek-dunia-Richard-Meier-2-min

Terkenal dengan desain geometris dan kecenderungan penggunaan warna putih yang mencolok, seorang arsitek ternama dunia ini pernah mendapatkan Penghargaan Pritzker Architecture Prize pada tahun 1984.

Selama perjalanan karirnya, Meier telah menciptakan beragam bangunan terkemuka, termasuk

  • Getty Center (Los Angeles),
  • The Hague City Hall, dan
  • Barcelona Museum of Contemporary Art.

4. Arsitek Dunia Zaha Hadid

arsitek dunia zaha hadid
arsitek dunia zaha hadid 2

Nama ini sungguh pantas masuk dalam daftar arsitek terkenal dunia berkat gaya futuristik yang diperkenalkannya.

Tak hanya menciptakan karya-karya yang tak lazim dan memancarkan sentuhan artistik yang ikonik, beliau juga merupakan wanita pertama dan satu-satunya yang meraih Penghargaan Pritzker.

Penghargaan ini dianggap sebagai Nobel Perdamaian dalam dunia arsitektur! Jika penasaran dengan karyanya, berikut beberapa di antaranya:

  • MAXXI – the National Museum of the 21st Century Arts
  • the Bridge Pavilion (Zaragoza)
  • Bergisel Ski Jump (Innsbruck)
  • Phaeno Science Center and the Opera House (Guangzhou)
  • Heydar Aliyev Cultural Center (Azerbaijan)
  • Wangjing SOHO (Beijing)

5. Antono Gaudi

Julukan “Bapak Modernisme Catalunya” disematkan pada Antoni Gaudi, seorang arsitek yang menciptakan desain unik terinspirasi oleh keajaiban alam.

Desain-desainnya dipenuhi dengan kurva yang memikat, mengesampingkan kekakuan garis lurus, menciptakan kesan futuristik dan klasik yang memukau.

Tak hanya itu, Gaudi juga terkenal karena kecintaannya pada palet warna cerah dan terang yang melimpah, yang turut memberikan kehidupan pada setiap karyanya.

Tak hanya diakui secara global, namun Gaudi juga mencatatkan prestasi dengan 7 rancangan karyanya yang terhormat sebagai bagian dari situs warisan dunia yang diakui oleh UNESCO, badan dunia yang bernaung di bawah PBB.

6. Louis Henry Sullivan

Individu seorang arsitek yang satu ini menjadi terkenal berkat desain gedungnya yang mengutamakan prinsip “Form Follow Function” atau “Bentuk Mengikuti Fungsi”.

Meskipun identik dengan pendekatan tersebut, beliau bersikeras bahwa kredit sebenarnya layak diberikan kepada arsitek zaman Romawi kuno.

Tidak hanya itu, sebagai mentor bagi Frank Lloyd Wright, sosok ini juga pernah di anugerahi AIA Gold Medal pada tahun 1994.

7. Arsitek Dunia Louis Kahn

Louis Kahn, arsitek yang dikenal dengan gaya monumental dan monolitik dalam karyanya, telah meraih pengakuan melalui penganugerahan AIA Gold Medal dan RIBA Gold Medal.

Beberapa karya cemerlang yang dihasilkan olehnya mencakup:

  1. Jatiyo Sangshad Bhaban
  2. Salk Institute
  3. Yale University Art Gallery
  4. Phillips Exeter Academy Library
  5. Indian Institute of Management Ahmedabad
  6. Kimbell Art Museum

Dan semua itu menjadi bukti nyata dari keahlian dan bakatnya di bidang arsitektur.

8. Arsitek Dunia Cesar Pelli

Seorang arsitek berkebangsaan Argentina, lahir pada tahun 1926, terkenal dengan karya-karyanya yang sering menggunakan elemen tutupan metalik dan desain berliku.

Salah satu karyanya yang dikenal luas oleh hampir semua orang Indonesia adalah Menara Kembar Petronas di Kuala Lumpur, Malaysia.

Selain menciptakan gedung ikonik tersebut, Pelli juga terlibat dalam merancang World Financial Center yang mengelilingi World Trade Center.

9. Ludwig Mies van der Rohe

Lahir di Jerman pada tahun 1886, pria ini adalah pionir arsitektur modern, seiring dengan Le Corbusier dan Walter Gropius, membentuk trinitas yang menjadi pilar arsitektur bangunan modern dunia yang paling terkenal.

Karya paling terkenalnya adalah Pavilion Barcelona di Spanyol, yang memancarkan kesederhanaan melalui penggunaan bahan mewah seperti marmer, onyx merah, dan travertine. Bangunan ini menciptakan jejak gaya yang tak terlupakan.

10. Frank Owen Gehry

Dianugerahi gelar “arsitek paling penting pada era ini” oleh Vanity, Frank Owen Gehry memang layak mendapat pengakuan mengingat dampak besar yang dihasilkan oleh karyanya.

Sebagai arsitek kontemporer asal Amerika yang lahir di Kanada, gaya arsitektur modern Gehry memancarkan inovasi dan kefuturistikan, memberikan pandangan yang segar.

Selain itu, daya kreasi Gehry tercermin dalam pengolahan bentuk destruktif, menciptakan nilai ikonik dalam arsitektur kontemporer.

Berikut beberapa karya fenomenal yang dihasilkan oleh Gehry:

  • The Walt Disney Concert Hall (Los Angeles)
  • The Guggenheim Museum (Bilbao)
  • Dancing House (Prague)
  • The Museum of Pop Culture (Seattle)
  • Der Neue Zollhof (Düsseldorf)
  • The Marqués de Riscal Vineyard Hotel (Elciego)

11. Arsitek Dunia Le Corbusier

artsitek dunia Le Corbusier

Arsitek berkebangsaan Swiss ini terkenal dengan gaya arsitektur internasional (International Style). Karyanya di tandai oleh penggunaan bahan beton dan baja modern dalam struktur rancangannya.

Tidak hanya itu, ia juga dikenal karena kecenderungannya untuk tidak memasang ornamen non-struktural yang berlebihan pada bangunan.

Beberapa karya terkenal dari arsitek yang meraih penghargaan AIA Gold Medal (1961) dan Grand Officers of the Légion d’honneur (1964) ini antara lain:

  • Villa Savoye (Poissy)
  • Villa La Roche (Paris)
  • Unité d’habitation (Marseille)

Selain ke 11 arsitek terkenal di Dunia tersebut, sebetulnya masih terdapat sejumlah arsitek yang paling terkenal lainnya dan salah satunya diantaranya, adalah Frank Lloyd Wright (lihat gambar dibawah).

Ya, Frank Lloyd Wright juga merupakan seorang arsitek yang sudah sangat terkenal di Dunia dengan karya-karya arsiteknya yang mumpuni.

Tak mengherankan jika banyak yang menganggap karya-karya Frank Lloyd Wright sebagai beberapa yang terbaik di dunia.

Pasalnya, arsitek modern asal Amerika ini telah menciptakan lebih dari 1.000 struktur arsitektur, di mana 500 di antaranya telah sukses dibangun.

Walaupun tanpa latar belakang pendidikan formal di bidang arsitektur, namun salah satu arsitek terkemuka ini memperoleh pengetahuan arsitektur melalui mentor Louis Sullivan, seorang legenda dalam dunia arsitektur.

Sullivan menjadi pengaruh utama dalam membentuk gaya desain modern yang unik yang kemudian ditampilkan oleh Wright.

Berikut adalah beberapa karya terbaik dari arsitektur modern Frank Lloyd Wright:

  • The Guggenheim Museum (New York)
  • Fallingwater Residence (Mill Run, Pennsylvania)
  • Arizona State University Gammage Auditorium & Taliesin West (Arizona)
  • Imperial Hotel (Tokyo)