9 Jenis Atap Kanopi Disertai Kelebihan atau Keunggulanya

Inilah 9 Jenis Atap Kanopi yang mana di saat sekarang ini, memang cukup beragam dan banyak ketersediaan bahannya!

Namun, dalam penggunaan dan pemilihannya tidak boleh di lakukan secara serampangan. Yuk, kita Kenali terlebih dahulu harga dan jenis-jenis atap kanopi yang ada di pasaran Indonesia.

Lantas, apa itu kanopi? Istilah kanopi disini, ialah sesuatu bagian struktur pada sebuah bangunan yang difungsikan sebagai atap tambahan guna bisa melindungi bidang exterior terpenting rumah dari hujan dan panas.

Ya, kanopi juga merupakan atap rumah dimana atap yang satu ini diaplikasikan pada bagian depan teras rumah, samping tepat diatas jendela rumah, hingga bagian teras belakang rumah, dan lain sebagainya.

Dengan adanya atap kanopi akan bisa menambah fungsi ruangan seumpannya kanopi untuk carport, dapur, gudang, taman, area bermain, hingga garasi.

Selain fungsi tersebut, tentunya akan bisa menambah nilai estetika pada tampilan hunian rumahnya.

Oh ya, disaat ketika tengah memasang atap kanopi lantas melihat dinding rumah dibawah sekitar kanopi terdapat jamur, maka pelajari Cara Menghilangkan Lembab Berjamur Pada Dinding Rumah untuk mengatasinya.

9 Jenis Atap Kanopi Popular Di Indonesia

Berikut ini, 9 macam jenis (jenis-jenis) atap kanopi yang menurut survei tukang bangunan terbilang popular dan terbaru yang ada di pasaran Indonesia.

1. Jenis Atap Kanopi Polikarbonat

Polikarbonat atau kalo istilah bahasa inggrisnya adalah polycarbonate, dimana ini merupakan jenis – jenis atap yang bahannya di bikin dari plastik berongga.

Bahan material polikarbonat, mempunyai beragam macam desain model dan berbagai macam pilihan warna yang tersedia yang bisa disebut juga dengan jenis-jenis polikarbonat. Ya, Sobat gypsum dapat memilah bentuk dan warna polikarbonat sesuai yang diinginkan dan dibutuhkan.

Adapun jenis polikarbonat yang sekarang ada dipasaran Indonesia yang bisa menjadi pilihan sobat gypsum, seperti: polikarbonat cladian plast, x-lite, ge Mmlydex, lexan carboron, carbolux, solartuff, solarflat, starlite, twinlite, dan jenis polikarbonat lexan.

Lalu mungkin diantara sobat gypsum semua ada yang bertanya tentang kelebihan atau keunggulan dari jenis atap polkarbonat? Nah, berikut ini tentang kelebihan atau keunggulanany:

  • Penggunaan dapat mencapai usia 5 hingga 10 tahun.
  • Daya tahannya kuat dan kokoh dengan bobot beratnya yang ringan.
  • Dapat menyerap juga bisa menahan sinar terik matahari secara maksimal.

2. Jenis Atap Kanopi Spandek (Zyncalum) dari Rangka Besi

atap kanopi jenis spandek

Jenis atap kanopi spandek ini, mempunyai bentuk bergelombang yang bahan pembuatannya terdiri dari bahan campuran seng dan alumunium. Sebutan lain spandek, para tukang bangunan biasa menyebutnya dengan zincalum.

Bahan material jenis atap kanopi yang satu ini, yakni spandek tergolong awet dan kuat, bahkan menurut kami lebih kuat ketimbang atap polkarbonat. Sedangkan, awetnya bisa tahan hinga lebih dari 30 tahun lamanya.

Kendati begitu menurut larantukagypsum.com, penampilan atap kanopi jenis spandek ini agak kurang dekoratif juga terlihat lebih kaku. Entahlah, kalo menurut sobat gypsum, apa pendapatnya?

3. Atap Kanopi Dari Jenis Material Kaca

atap kanopi jenis kaca

Atap kanopi jenis kaca, nyatanya memang mempunyai kualitas yang bagus asalkan kacanya tebal. Jika kacanya tipis setipis kertas, ya kualitasnya pun menjadi super jelek, bukan? Hehehe..

Dan berikut ini menurut kami sebagai tukang plafon gypsum dilapangan bilamana diperbolehkan berpendapat tentang kelebihan jenis atap kanopi kaca:

  • Kesan berada di suasana ruang terbuka akan semakin berasa saat duduk dibawah atap kanopi kaca.
  • Dapat menambah nilai estetika tampilan rumah.
  • Sangat cocok di aplikasikan di wilayah Indonesia yang beriklim tropis.
  • Tidak mudah retak atau pecah saat tidak sengaja terinjak.

4. Atap Kanopi Jenis Alderon

atap kanopi jenis alderon

Jenis-jenis atap kanopi selanjutnya terdapat atap kanopi model adleron dimana jenis alderon atap ini sudah pernah singgung dipembahasan waktu kemarin pada sebuah artikel yang menginformasikan tentang desain carport minimalis.

Kelebihan atap kanopi dengan model desain alderon, adalah:

  • Bisa menyerap suara bising atau berisik saat musim air hujan turun.
  • Mempunyai konstruksi beronggakan udara twintall yang juga bisa menahan panasnya terik sinar mentari.

Atap kanopi jenis alderon ini dibuat dari bahan UPVC, dimana istilah UPVC ini merupakan singakatan dari “Unplasticizide Polyvinyl Chloride“.

5. Atap Kanopi Jenis Solar Tuff

atap kanopi jenis solar tuff

Atap solar Tuff merupakan salah satu dari jenis-jenis atap kanopi yang dapat sobat jadikan sebagai inspirasi dirumah. Solar tuff itu sendiri, dibuat dari bahan polikalbonat yang sudah sempat digambarkan pada poin pertama.

Adapun kelebihan atau keunggulan atap kanopi jenis solar tuff, ialah:

  • Dapat tahan terhadap suhu yang berubah dari 20 hingga 120 derajat celcius.
  • Material solar tuff tidak mudah terbakar.
  • Fabrikasi serta pemasangan material solar tuff pada rangka atap kanopi, sangatlah gampang dan mudah.
  • Bahan material solar tuff tergolong ramah terhadap lingkungan.
  • Dapat menghemat energi listrik yang membuat penerangan menjadi alami.
  • Solar tuff cukup mampu dalam meredam panasnya sinar terik mentari tanpa mengurangi cahaya penerangan yang masuk.
  • Kekuatannya lebih kuat 250 kali lipat dari atap kanopi material kaca serta 20 kali lebih kuat dari material acrylic.
  • Merupakan salah satu jenis bahan atap kanopi yang kuat dan kokoh serta bening sebening kaca.
  • Mempunyai bentuk model desain atap kanopi yang elegan dan artistik.

6. Atap Kanopi Model Onduline

Atap Kanopi Jenis Onduline

Atap kanopi jenis onduline ini secara sepintas juga sudah pernah dibahas sebelumnya yang bisa sobat gypsum “baca juga“, pada artikel yang berjudul “Gambar Desain Carport Minimalis Sederhana Dan Elegan Untuk Hunian Rumah Masa Kini”.

Jadi, jenis atap kanopi dari material onduline bisa menyerap bisingnya suara air hujan yang turun menimpa atap kanopi saat musim hujan tiba.

Sehingga, dengan terpasangnya atap kanopi onduline tentu bisa tercipta rasa nyaman dan tentram bagi penghuni rumah yang sedang duduk bersantai dibawah rindangnya atap kanopi.

Beberapa kelebihan atap kanopi onduline yang cukup sobat gypsum saja yang tahu, adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai beragam jenis pilihan warna atap onduline yang dapat sobat sesuaikan dengan keperluan yang dikehendaki.
  • Sangat cocok di aplikasikan di wilayah negara yang mempunyai 4 musim, yakni musim panas, musim dingin, musim kering, hingga musim hujan.
  • Atap kanopi onduline cukup mampu dalam menahan bobot beban berat hingga 0,9 ton per meter persegi.
  • Ketahanannya yang dapat menahan angin super kencang hingga berkecepatan 192 km per jam, tergantung dari jenis rangka atap yang digunakan.

7. Atap Kanopi Model Go Green

Kanopi Go Green

Jenis atap kanopi yang ada dipasaran Indonesia berikutnya, terdapat kanopi go green yang mana jenis atap ini bahan dasarnya terbuat dari plastik dengan kombinasi bahan-bahan kimia lainnya.

Kelebihan atap kanopi go green menurut larantukagypsum.com, ialah seperti berikut:

  • Harga atap kanopi onduline yang relatif super ekonomis.
  • Sudah terbebas dari toksik.
  • Sudah terdapat perlindungan sinar UV dalam material onduline dengan kadar, sebesar 100%.
  • Proses pengaplikasiannya terbilang sangat mudah dan gampang.
  • Bisa diaplikasikan pada rangka atap kanopi baja ringan.
  • Mempunyai tingkat ketahanan dan kelenturan yang prima.
  • Bahan plastik onduline tergolong berkualitas tingkat superior berkekuatan tinggi.

8. Kanopi Dari Bahan Fiber

atap kanopi fiber

Jenis-jenis atap kanopi poin kedelapan, terdapat atap kanopi model desain fiber yang mana bahan dasar fiber umumnya dibuat dengan menggunakan material berupa serat sintesis.

Ya, fiber memang terbuat dari serat sintesis yang padu dengan bahan dasar lainnya, seperti bahan-bahan kimia yang diolah melalui proses pabrikasi. Makan dari itu, menjadi sebuah rangkaian berupa lembaran – lembaran untuk bisa diaplikasikan menjadi atap kanopi.

Jenis atap kanopi untuk rumah yang satu ini menurut kami jauh lebih aman dan tidak berbahaya saat dipergunakan atau diaplikasikan.

Selain itu, salah satu kelebihan dari atap kanopi fiber mempunyain ketahanan yang ok dan prima terhadap segala macam jenis cuaca khususnya cuaca yang berlaku di Negara Indonesia.

Maka dengan demikian, jika sobat berada masih berada diwilayah Indonesia boleh menjadikan atap kanopi fiber sebagai inspirasi di rumah.

Tujuan sejumlah masyarakat mengaplikasikan atap kanopi jenis fiber ini, biasanya dijadikan sebagai ventilasi sinar matahari pada sebuah bangunan yang memerlukan penyebaran cahaya secara merata dengan kadar panas yang minim, semisal bangunan gudang dan pabrik.

Namun kendati begitu, sobat bisa mengpalikasikannya di area teras rumah atau teras belakang rumah untuk bisa bersantai secara nyaman dan aman.

9. Atap Kanopi Jenis Membran

kanopi membran

Atap membran kanopi, juga merupakan salah satu yang terdapat dalam jenis-jenis atap kanopi yang ada dipasaran Indonesia yang dapat dengan mudah sobat temukan bahan materialnya di toko kanopi terdekat dikota sobat.

Jenis atap kanopi membran ini, tergolong popular dan termasuk favorit dimata masyarkat di Negara Indonesia serta banyak sekali peminatnya.

Alasan banyak peminat pada atap kanopi jenis membran, adalah karena bahan matrialnya cukup kuat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama.

Jika berbicara dari egi bentuk atap kanopi membran juga cukup mampu bersaing dengan jenis-jenis atap kanopi lainnya, dalam perihal mempercantik tampilan hunian rumah di masa kini.

Kanopi membran, juga mempunyai sifat yang bisa tahan terhadap sinar matahari yang panas menyengat serta tidak gampang terobek, oleh karena bahannya bersidat elastis.

Penutup

Itulah informasi tentang 9 Jenis Atap Kanopi yang dapat resulthrain.com sampaikan yang mana kita sertakan juga dengan keterangan kelebihan atau keunggulan pada setiap masing-masing jenis, meskipun ada juga yang tidak terdapat.

Apakah ini bisa membantu? Mudah – mudahan sobat yang memerlukan ide atau gagasan dalam rencana membuat atap kanopi teras di rumah bisa menjadikan jenis-jenis atap kanopi diatas sebagai bahan insipirasi yang bisa mencerahkan.

Jangan lupa, simak juga informasi lainnya seputar atap bangunan rumah di masa kini hanya di situs result harian com.

Sekian dan terimakasih buat sahabat gypsum yang sudah berkunjung sekaligus menyimak isian artikel tentang 9 Jenis Atap Kanopi.

Semoga bermanfaat, akhir kata kami ucapkan sampai ketemu lagi dikesempatan pembuatan artikel selanjutnya. Wassalam dan salam debu putih..!!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More