9 Macam Jenis Rumput Taman di Halaman Rumah

Macam jenis rumput taman yang bagus dan terbaik ini bisa Kamu jadikan inspirasi untuk bisa di tanam di pekarangan halaman rumah bermodelkan minimalis maupun modern.

Buat Kamu pembaca setia result harian dimanana pun berada, tahukah apa itu rumput? Pengertian rumput itu sendiri adalah salah satu komponen pendukung yang penting untuk Kamu perhatikan saat hendak mempercantik tampilan exterior bagian halaman rumah, salah satunya yakni dengan menata rumput taman.

Selain sebagai komponen penting, rumput juga bisa mengurangi debu berterbangan yang dapat membuat tampilan ekterior rumah menjadi cepat kotor.

Lalu, rumput juga bisa mengurangi suhu tinggi, dapat mencegah erosi, dan masih banyak manfaat lainnya yang bisa di peroleh.

Di Negara Kesatuan Republik Indonesia, terdapat beberapa macam jenis rumput taman yang bisa di pilih untuk bisa dijadikan tanaman di halaman rumah.

Dan ini sangat cocok sekali diterapkan pada denah rumah simple sederhana yang mungkin saja akan Kamu bangun dimasa depan nanti.

Macam Jenis Rumput Taman Rumah

Yuk, kita simak saja langsung macam jenis rumput taman yang cocok untuk di tanam di halaman rumah, sebagai berikut ini:

1. Jenis Rumput Bermuda Untuk Taman Rumah

rumput bermuda untuk di tanaman halaman rumah

Macam jenis rumput taman untuk di tanam di halaman atau pekarangan rumah yang pertama, yakni terdapat rumput bermuda.

Jenis rumput bermuda yang satu ini, umumnya di pilih oleh sebagian orang berduit untuk di gunakan sebagai lapangan golf! Kendati begitu, Kamu bisa menanam rumput jenis ini di halaman rumahnya.

Ya, selama rumah Kamu berada di seputaran NKRI. Maka, sangat bisa sekali menanam jenis rumput bermuda ini sebagai sebagai penghias halaman depan rumah oleh karena cocok dengan iklim yang berlaku di NKRI.

Selain iklim-nya yang cocok, tampilan desaing rumput bermuda juga sangat terlihat menarik dan cantik. Akan tetapi, cara memelihara rumput bermuda terbilang cukup rumit karena mesti sering di siram air dan di pangkas secara terjadwal.

2. Rumput Taman Rumah Jenis Manila

rumput taman rumah jenis manila

Jenis rumput taman untuk halaman depan rumah yang kedua, terdapat rumput manila yang merupakan rumput yang biasa di tanam di halaman bagian depan rumah! Tekstur dan bentuk rumputnya hampir menyerupai rumput jepang.

Adapun perbedaan rumput manila dan jepang bisa di lihat dari tekstur warnanya, yang mana warna rumput manila berwarna hijau pekat, lebih kuat, tahan terhadap injakan, dan lebih elaktis ketimbang rumput jepang.

Selain biasa di gunakan untuk dekorasi taman depan rumah, rumput manila ini juga biasa di jadikan untuk rumput lapangan sepak bola.

3. Rumput Babat.

rumput taman jenis babat

Istilah kata babat disini bukanlah nama soto yang biasa di jajakan dipinggir jalan, melainkan rumput taman jenis babat yang dapat di tanam di halamanan rumah untuk membuat untuk membuat tampilan rumahnya terlihat asri.

Rumput jenis babat ini sama halnya seperti rumput jenis bermuda, yakni biasa di tanam di lapangan golf atau lapangan olah raga lainnya.

Harga rumput ini juga, terbilang sangatlah mahal dan agak susah di rawatnya, oleh karena pertumbuhannya yang sangat cepat.

Jenis rumput babat ini, bisa tumbuh dengan cantik bila memperoleh pencahayaan matahari yang baik dan selalu memangkas daun rumputnya setiap dua minggu sekali secara terjadwal.

4. Tanaman Gajah Mini Variegata.

Tanaman Gajah Mini Variegata

Tanaman gajah mini variegata ini juga merupakan salah satu jenis rumput taman yang bisa Kamu tanam di pekarangan halaman rumah.

Jika disandingkan dengan rumput taman lain yang serumpun! Maka, jenis rumput ini mempunyai warna daun vng terlihat unik, seperti terdapatnya garis-garis putih pada bagian tengah dalam setiap helai daunnya.

Selain warna unik, ternyata rumput gajah mini variegata ini mempunyai kelebihan yang sama dengan rumput gajah lokal, yakni kuat dan tangguh.

Selain itu, daunnya pun tidak terlalu cepat tumbuh panjang membuat Kamu di rumah tidak harus repot dalam mengatur jadwal pangkas rumput gajah dalam setiap bulannya.

Dengan memilah rumput gajah mini variegata ini, tentunya merupakan pilihan yang bijak dan menarik untuk taman rumah di pekarangan rumah, bukan?

Kendati begitu, Kamu mesti merogoh uang saku lebih dalam sedikit bilamana hendak menanami taman di pekarangan rumahnya dengan menggunakan rumput gajah yang satu ini.

5. Rumput Swiss.

Rumput Swiss

Rumput swiss juga bisa di tanam di halaman rumah dan merupakan pilihan yang baik dan bagus untuk Kamu tanam di halaman rumah! Kenapa bagus, karena teksturnya sangat halus dan lembut.

Ya, tekstur pada rumput Swiss ini terbilang halus dan lembut. Tapi, dalam memeliharanya juga tergolong sulit oleh karena sifatnya yang tidak tahan terhadap lembab dan selalu membutuhkan pencahayaan matahari paling minimal 80% dalam sehari dan pemangkasan daun sebulan sekali, sehingga rumput swiss selalu bisa terlihat segar, cantik, dan anggun.

6. Tanaman Gajah Mini.

rumput taman gajah mini

Pada poin keempat merupakan rumput mini jenis variegata, tetapi pada poin keenam ini merupakan rumput gajah jenis yang biasa!

Jadi apa bedanya..? Bedanya, adalah pada rumput gajah mini biasa ini tekstur daunnya terbilang lebih baik dari variegata. Lalu, ukurannya juga rumah gajah mini biasa terlihat jauh lebih kecil! Kendati begitu, keduannya meiliki daya tahan yang baik terhadap injakan orang!

Adapun perihal tentang mudah tidaknya dalam memelihara atau merawat rumput gajah mini ini, ternyata tergolong relatif lebih mudah dari jenis rumput taman lainnya.

Artinya, rumput gajah mini ini tidak terlalu cepat tumbuhnya dan kebutuhan akan pencahayaan sinar matahari juga terbilang rendah.

Selain itu, rumput gajah mini ini juga merupakan jenis rumput taman yang lumayan popular di NKRI. Pasalnya, bisa ditempatkan di halaman rumah dengan lokasi lahan yang tidak terlalu terang benderang dan bisa pula di gunakan sebagai tempat bermainnya anak-anak.

7. Rumput Peking.

rumput taman peking

Rumput peking merupakan jenis rumput taman yang bisa di tanam di halaman rumah sekaligus merupakan rekomendasi terbaik dari kami selanjutnya.

Sekedar ketahui, rumput peking ini pernah menduduki gelar sebagai rumput primadona di tahun 2000 ke belakang.

Adapun ciri khas atau karakteristik rumput peking hampir mirip dengan jenis rumput jepang (lihat pada poin terakhir). Akan tetapi, tekstur pada rumput peking agak sedikit lebih lembut dan cenderung lebih jarang dalam hal kerapatan-nya.

Lalu, bagaimana cara perawatan rumput peking ini bisa di katakan terbilang cukup gampang dan mudah. Selain itu, rumput ini mempunyai daya tahan yang baik dan bagus terhadap berbagai macam cuaca di Indonesia.

8. Rumput Gajah Lokal.

rumuput taman gajah lokal

Macam jenis rumput taman untuk di tanam di pekarangan rumah pada poin kedelapan, yakni terdapat rumput gajah lokal.

Selain rumput yang sudah dijelaskan diatas, rumput gajah lokal merupakan jenis rumput taman yang paling umum dipergunakan oleh khalayak orang banyak guna menghias pekarangan rumah sebagai taman.

Rumput gajah lokal mempunyai nama latin, yaitu “Pennisetum Purpureum” dimana rumput ini selain dijadikan sebagai rumput pekarangan untuk taman rumah juga sering dipergunakan sebagai makan ternak, seperti kambing dan sapi.

Cara menanam rumput gajah lokal juga terbilang sangat mudah dengan harga yang terbilang relatih lebih murah ketimbang jenis rumput taman lainnya.

Kendati tekstur rumput pada daunnya tidak seelok atau seanggun rumput jepang pada poin terakhir setelah ini, rumput gajah lokal tergolong sangat kuat di injak serta tidaklah mesti harus terlalu sering dalam menyiramnya, tapi masih bisa tumbuh dengan cepat membuat Kamu dirumah harus rajin-rajin memangkasnya.

9. Rumput Jepang.

rumput jepang

Jenis-jenis rumput taman yang bisa ditanam dipekarangan rumah pada poin terakhir yang dapat kami informasikan buat Kamu semuanya, yaitu rumput jepang.

Rumput jepang mempunyai tekstur daunnya yang rapat, rapi, dan ramping dimana rumput yang satu ini merupakan jenis rumput taman di pekarangan rumah yang banyak di pergunakan oleh orang-orang.

Pasalnya itu tadi, rumput jepang dapat memberikan kesan yang rapi dan tertata baik di taman pekarangan belakang maupun depan rumah!

Adapun tentang bagaimana cara mengurus atau merawatnya, Kamu mesti agak mengeluarkan sedikit tenaga extra, seperti memangkasnya setiap sebulan sekali serta memberinya sedikit pupuk urea selama 2 bulan sekali.

Selain itu, rumput jepang juga mesti terkena pencahayaan sinar matahari yang baik dan bagus supaya pada bagian bawah rumput tidak menjadi warna kekuning – kuningan.

Demikian informasi tentang macam jenis rumput pekarangan untuk di tanam di halaman atau pekarangan rumah yang dapat resultharian.com informasikan buat para sahabat dimanapun berada.

Apakah ini bisa membantu? Sekian dan terimakasih telah berkunjung juga menyimak ulasan tentang rumput ini. Akhir kata, semoga ini bisa bermanfaat dan wassalam.