Listrik Mati Hidup Sendiri ? Ini Dia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Penting untuk mengatasi listrik mati lalu hidup sendiri dengan secara hati-hati, oleh karena dapat memengaruhi sejumlah barang elektronik di dalam rumah.

Masalah terkait kelistrikan seringkali mengganggu para penghuni rumah, mulai dari seringnya MCB turun, meteran listrik menunjukkan peringatan ‘periksa’, hingga listrik yang tiba-tiba mati dan hidup kembali sendiri.

Gangguan ini tentu mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama karena banyak peralatan elektronik di rumah bergantung pada pasokan listrik.

Contohnya, saat sedang bekerja di komputer atau menonton film di televisi, tiba-tiba listrik padam dan menyala kembali dengan sendirinya, pasti akan mengganggu bukan?

Jadi ketika kita mempelajari tentang listrik mati hidup sendiri, maka pelajari juga bagaimana cara mengisi token listrik pln! Sehingga, ketika meteran bunyi bisa langsung isi pulang dan tidak mati mendadak.

Penyebab Listrik Mati dan Hidup Sendiri

Banyak faktor atau penyebab listrik mati hidup sendiri dan beberapa diantaranya yang bisa dicari tahu dan dipelajari, adalah sebagai berikut:

1. MCB kWh Meter Rusak

listrik mati hidup sendiri karena MCB kWh Meter rusak

Penyebab listrik mati yang hidup kembali bisa disebabkan oleh karena terdapat kerusakan pada MCB atau kWh meter.

Kerusakan MCB seringkali terjadi karena penggunaan yang sudah lama, menyebabkan melemahnya kondisinya seiring waktu.

Hal ini mengakibatkan penurunan kualitas, daya tahan, dan kinerja MCB, termasuk sakelar mekanis di dalamnya.

Tetapi, jika MCB listrik mengalami kerusakan, sebaiknya segera laporkan kepada petugas PLN untuk dilakukan penggantian atau perbaikan.

2. Korsleting Perangkat Elektronik

listrik mati hidup sendiri karena Korsleting listrik

Rusaknya perangkat elektronik juga bisa menjadi penyebab listrik yang mati dan hidup kembali.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa kondisi alat elektronik di rumah, karena kemungkinan beberapa perangkat mengalami kerusakan kecil namun dapat memengaruhi kelistrikan rumah.

Jika umur perangkat elektronik telah melewati batas waktu tertentu, sebaiknya segera ganti atau konsultasikan dengan teknisi khusus elektronik.

3. Terbakarnya Kabel L dan N

listrik mati hidup sendiri kabel L dan N terbakar

Kabel yang terbakar pada jalur L dan N bisa menjadi penyebab listrik hidup mati secara otomatis, sehingga diperlukan pengecekan secara rutin.

Jalur kelistrikan L mengacu pada muatan positif (+), sementara N adalah netral atau negatif (-).

Jadi, dalam situasi perkabelan ini, matinya hidupnya meteran listrik seringkali disebabkan oleh kabel L dan N yang bertemu di dalam dinding.

4. Masalah Instalasi Listrik

listrik mati hidup sendiri karena masalah instalasi listrik

Instalasi listrik yang mengalami masalah dapat menyebabkan terjadinya mati hidupnya listrik secara tiba-tiba.

Oleh karena itu, apabila ada tanda-tanda ketidaknormalan pada instalasi listrik di rumah, sebaiknya segera di lakukan pemeriksaan atau perbaikan oleh tenaga profesional atau melaporkannya kepada PLN.

Listrik Mati Hidup Sendiri ? Ini Dia Cara Mengatasinya…!!

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi masalah listrik yang mati dan hidup sendiri, sebagai berikut:

1. Memeriksa Kabel Listrik Interior Rumah

 Memeriksa Kabel Listrik Rumah

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah memeriksa kabel listrik di rumah! Kemungkinan adanya masalah pada kabel atau bahkan kabel yang terbakar tidak dapat diabaikan.

Kabel yang terbakar dapat mengganggu distribusi listrik dan menyebabkan listrik mati dan hidup secara tiba-tiba.

Jika ditemukan kabel rusak atau terbakar, sebaiknya gantilah dengan hati-hati. Namun, jika merasa tidak yakin lebih baik memanggil bantuan dari tenaga profesional.

Jadi, perlu dicatat bahwa dengan mengabaikan kabel listrik yang terbakar dapat berdampak serius dan meningkatkan risiko kebakaran.

2. Memeriksa Stop Kontak

Memeriksa Stop Kontak

Sumber masalah listrik yang tiba-tiba mati dan hidup kembali mungkin berasal dari stop kontak yang mengalami korsleting! Maka, penting untuk memeriksa setiap stop kontak di rumah dengan teliti.

Meskipun terlihat sepele, kerusakan pada stop kontak bisa memiliki konsekuensi yang fatal.

Gunakan multitester untuk menguji dan menentukan apakah kabel yang terhubung ke stop kontak masih dalam kondisi baik atau perlu diganti.

Jika ada kerusakan atau korsleting pada kabel stop kontak, segera gantilah dengan yang baru.

3. Menyewa Jasa Tukang Listrik Handal

Menyewa Jasa Tukang Listrik Handal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penanganan masalah listrik yang mati dan hidup kembali bisa disebabkan oleh faktor-faktor kelistrikan yang mungkin tidak kita ketahui.

Oleh karena itu, untuk keamanan yang lebih terjamin, sebaiknya panggillah bantuan dari tenaga listrik profesional.

Selain lebih aman, tukang listrik yang berpengalaman biasanya telah familiar dengan sumber-sumber potensial yang dapat menyebabkan masalah listrik tersebut.

Kesimpulan Listrik Mati Hidup Sendiri

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwasanya bagaimana cara mengatasi listrik yang mati hidup sendiri secara tiba-tiba, ialah dengan memeriksa kabel listrik di rumah, memeriksa stop kontak.

Dan jika perlu, memanggil tenaga profesional atau melaporkan ke PLN di kota terdekat agar listrik dirumah bisa kembali normal.

Itulah kenapa listrik mati dan hidup sendiri, dimana kita sudah informasikan tentang penyebab dan bagaimana cara mengatasinya diatas, semoga bermanfaat.