4 Tim Lolos Babak Semifinal Piala Asia U-23 2024, Ini Dia Daftarnya

4 (Empat) tim yang berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 telah ditentukan. Salah satunya adalah Indonesia yang akan bertemu dengan Uzbekistan, juara pada turnamen tersebut pada tahun 2018.

Tim-tim yang berhasil mencapai babak semifinal Piala Asia U-23 meliputi Indonesia, Jepang, Irak, dan Uzbekistan. Di antara keempat tim tersebut, Indonesia menjadi yang paling minim pengalaman.

Selain menjadi debutan pertama kali di Piala Asia U-23 tahun ini, Indonesia juga merupakan satu-satunya tim yang belum pernah memenangkan gelar juara di ajang dua tahunan ini.

Sejak Piala Asia U-23 pertama kali digelar pada tahun 2013, Indonesia selalu mengalami kegagalan di babak kualifikasi. Sebaliknya, tim-tim seperti Uzbekistan, Jepang, dan Irak selalu menjadi peserta tetap dalam turnamen tersebut.

Uzbekistan, Irak, dan Jepang telah berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-23 sebanyak enam kali.

Tim Lolos Babak Semifinal Piala Asia U-23

Berikut adalah profil dari empat tim yang berhasil lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024, beserta histori perjalanan mereka dalam kompetisi ini:

1. Tim Lolos Babak Semifinal Group A – Indonesia

Tim Lolos Babak Semifinal Group A - Indonesia

Indonesia memasuki debutnya di Piala Asia U-23 2024. Meskipun sebagai tim debutan, performa tim Garuda menarik perhatian. Seperti kisah Cinderella, timnas Indonesia U-23 berhasil menyingkirkan tim-tim kuat.

Mereka mengalahkan Australia di babak penyisihan Grup A dan menghadapi Korea Selatan di babak semifinal.

Di fase grup, Indonesia menjadi runner-up di bawah Qatar. Di bawah bimbingan Shin Tae Yong, tim ini melaju ke babak perempat final setelah mengumpulkan enam poin dari dua kemenangan atas Yordania dan Australia.

Di babak perempat final, Indonesia mengalahkan Korea Selatan melalui adu penalti dengan skor 10-11 setelah bermain imbang 2-2 dalam waktu normal.

Hingga babak perempat final, Indonesia telah mencetak tujuh gol dan kebobolan lima gol selama turnamen ini.

2. Tim Group B – Jepang

Tim Group B - Jepang

Jepang berhasil meraih posisi runner-up di Grup B di bawah Korea Selatan. Mereka berhasil mengalahkan China dan Uni Emirat Arab untuk melaju ke babak perempat final.

Di perempat final, tim Samurai berhasil mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 4-2 setelah perpanjangan waktu, setelah pertandingan berakhir imbang 2-2 pada waktu normal.

Jepang telah secara konsisten lolos ke babak final Piala Asia U-23 2024 selama enam edisi atau sejak turnamen ini pertama kali digelar. Prestasi terbaik Jepang adalah menjadi juara pada edisi 2016 yang diadakan di Qatar.

3. Tim Group C – Irak

Tim Group C - Irak

Irak berkompetisi di Grup C selama babak penyisihan dan berhasil maju ke babak gugur sebagai juara grup dengan mengumpulkan enam poin dari dua kemenangan dan satu kekalahan.

Di babak perempat final, Irak berhasil mengalahkan tim tangguh Asia Tenggara, Vietnam, dengan skor 1-0.

Irak telah berpartisipasi dalam enam edisi Piala Asia U-23 dan meraih gelar juara pertama pada tahun 2013. Pada saat itu, Irak berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 1-0.

4. Tim Lolos Babak Semifinal Group D – Uzbekistan

Tim Lolos Babak Semifinal Group D - Uzbekistan

Uzbekistan telah menegaskan dominasinya dalam Piala Asia U-23. Tim yang dikenal sebagai Serigala Putih ini telah secara konsisten berpartisipasi dalam ajang tersebut sejak 2013, atau sudah mengikuti enam edisi turnamen ini.

Di babak penyisihan Grup D, Uzbekistan tampil tanpa cela dengan mencatat tiga kemenangan tanpa kebobolan. Mereka meraih gelar juara grup di atas Vietnam, Kuwait, dan Malaysia.

Di babak perempat final, Uzbekistan berhasil mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0.

Uzbekistan telah berkompetisi dalam Piala Asia U-23 sebanyak enam kali dan berhasil mencapai final dua kali. Prestasi terbaik Uzbekistan adalah meraih gelar juara Piala Asia U-23 pada tahun 2018.

Jadi, babak semifinal piala asia u23 ini akan diselenggarakan pada Senin (29/4/2024) di Stadion Jassim bin Hamad. seperti yang terlihat pada gambar pertandingan dibawah ini.

Indonesia akan bersua dengan tim kuat Uzbekistan sementara Irak akan menghadapi Jepang. Selanjutnya, partai final nanti akan digelar pada 3 Mei 2024 di Stadion Jassim bin Hamad.

Itulah informasi tentang daftar lengkap Tim yang lolos semifinal piala asia u-23, dimana didalamnya terdapat pertandingan antara Indonesi – Jepang. Semoga bermanfaat…!!