Kisah Djarum Amankan Como 1907 s/d Promosi ke Serie A

Kisah Djarum Amankan Como, dimana Como 1907 adalah sebuah nama klub sepakbola yang dipunyai kelompok usaha Indonesia Djarum, kini berhasil melaju ke Serie A liga Italia pasca pertandingan terakhir Serie B yang berlangsung dramatis pada Sabtu (11/5/2024) dini hari WIB.

Kepastian ini terjadi, setelah Como berhasil meraih hasil imbang 1-1 melawan Cosenza. Sementara itu, pesaing terdekat mereka, yakitu Venezia kalah 1-2 dari Spezia.

Parma keluar sebagai juara Serie B dengan total 76 poin, sementara Como menempati peringkat kedua dengan 73 poin di klasemen. Dua tim teratas Serie B memperoleh tiket otomatis ke Serie A.

Di sisi lain, Venezia, yang berada di peringkat ketiga, harus melalui babak play-off yang diikuti oleh tim-tim dari peringkat ketiga hingga kedelapan untuk merebut satu tiket promosi tersisa.

Di laga penentu, fabs pendukung klub Como di Stadion Giuseppe Sinigaglia sempat terkejut dengan gol dari Gennaro Tutino yang memberikan keunggulan bagi tim tamu pada menit ke-30.

Namun striker Como, Simone Verdi, kemudian menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti 15 menit sebelum pertandingan berakhir dan membawa “Lariani” menuju Serie A.

“Kami akan menikmati dan merayakannya malam ini, oleh karena kami pantas mendapatkannya..!!” ujar Verdi kepada Sky Sport Italia.

Kisah Djarum Amakan (Selamatkan) Como 1907 Hingga Promosi Serie A

CEO Como 1907 memperkenalkan Thierry Henry sebagai pemilik saham minoritas terbaru sekaligus duta jenama klub di Como, Italia

Sebelum keberhasilan mereka di bawah pemilik como 1907 saat ini atau kepemilikan Grup Djarum, Como beberapa kali menghadapi kebangkrutan dan tergelincir dari kasta tertinggi kompetisi sepak bola Italia.

Adapun dua legenda Arsenal, yakni Cesc Fabregas berperan sebagai asisten pelatih dan Thierry Henry yang juga memiliki saham minoritas di klub tersebut.

Meskipun sempat bermain di Serie A saat musim 2002/2003, nasib Como justru merosot! Mereka segera tergelincir ke jurang degradasi dan bahkan menghadapi kebangkrutan pada tahun 2004.

Tanpa ada investor yang datang untuk menyelamatkan klub, Calcio Como S.p.A pun harus dilikuidasi.

Berkat regulasi dari FIGC (Federasi Sepak Bola Italia), sebuah entitas baru yang bernama Calcio Como S.r.I kemudian diberi izin untuk berpartisipasi dalam kompetisi Serie D.

Menurut informasi yang tertera di laman resmi klub, Como lalu bertanding selama 6 musim di Serie C dari tahun 2009 s/d 2015.

Setelah berhasil promosi ke Serie B, mereka mengalami degradasi lagi akibat masalah finansial yang berujung pada kebangkrutan.

Situasi tersebut, mendorong klub untuk dilelang hingga Akosua Puni Essien istri mantan pemain Persib Bandung dan Chelsea yakni Michael Essien, berhasil memenangkan lelang dan mengganti nama klub menjadi FC Como.

Namun, FIGC menolak FC Como untuk berkompetisi di Serie C, sehingga klub harus mendaftar dengan nama lain, yaitu Como 1907 guna bisa ikut berpartisipasi dalam kompetisi Serie D.

Apa Itu Djarum ?

Lantas apa itu drarum yang sudah amankan atau selamatkan klub sepakbola Como 1907 hingga di promosikan ke serie A ?

Jadi, djarum adalah sebuah perusahaan rokok yang berbasis di Indonesia. Perusahaan ini dikenal secara luas karena produk-produk rokoknya yang populer di dalam negeri.

Djarum didirikan pada tahun 1951 oleh Oei Wie Gwan di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Sejak itu, perusahaan ini telah tumbuh menjadi salah satu produsen rokok terbesar di Indonesia.

Selain memproduksi berbagai jenis rokok konvensional, Djarum juga memiliki inovasi dalam menciptakan rokok kretek, yang merupakan jenis rokok khas Indonesia yang dicampur dengan campuran tembakau, cengkeh, dan rempah-rempah.

Produk-produk Djarum telah menjadi bagian dari budaya rokok di Indonesia selama beberapa dekade.

Namun, perusahaan ini juga menghadapi kritik dan kontroversi terkait dampak kesehatan dari produk-produk rokoknya serta praktik pemasaran dan promosi yang dilakukan.

Seperti itulah kabar berita terkini dan terbaru perihal Kisah Djarum Amankan Como 1907 s/d Promosi ke Serie A yang dapat kita informasikan. Semoga bermanfaat…!