7 Tips Bebas Dari Hutang Yang Membuat Hidup Jadi Gelisah dan Tidak Nyaman

tips bebas hutang-min

Tips Bebas Hutang – Memiliki utang akan membuat hidup menjadi gelisah dan tidak nyaman. Karena itulah, ada baiknya menghindari utang atau skema cicilan.

Pasalnya, jika tidak hati-hati, Sobat akan sulit sekali keluar dari tumpukan pinjaman.

Jika sudah telanjur punya masalah pinjaman yang menumpuk, coba ikuti tips bebas dari hutang, berikut ini.

7 Tips Bebas Hutang Yang Aman

1. Bayar lebih dari cicilan minimum

Agar utang bisa cepat lunas dan kamu bisa menghemat bunga, kamu perlu membayar lebih dari cicilan minimum tiap bulan. Kuncinya adalah membuat pembayaran ekstra secara konsisten agar Sobat bisa melunasi utang dengan lebih cepat.

Beberapa pemberi pinjaman biasanya mengizinkan pembayaran ekstra setiap bulan yang akan dialokasikan untuk membayar utang pokok.

Jadi, sebelum Sobat meminjam atau melakukan pembayaran ekstra, cari tahu terlebih dahulu syarat dan ketentuan pinjaman Sobat untuk menentukan apakah ada biaya tambahan atau denda pembayaran di awal.

2. Bayar lebih dari yang diharuskan sekali dalam sebulan

Bayar tagihan kredit lebih dari yang diharuskan sekali setiap bulan agar lebih mudah mengetahui berapa banyak utang Sobat.

Tidak hanya itu saja, membayar tagihan kartu kredit secara rutin juga akan menurunkan rasio saldo/penggunaan Sobat.

Rasio penggunaan kartu adalah persentase total kredit yang tersedia yang saat ini sedang digunakan.

Rasio ini adalah salah satu komponen yang digunakan oleh agensi pelaporan kredit untuk menghitung skor kredit Sobat.

3. Memperpendek jangka pinjaman

Mengatur lagi jangka utang Sobat agar lebih pendek akan membantu melunasi utang tersebut dengan lebih cepat dan menghemat jumlah total pinjaman.

Coba konsultasikan dengan institusi pemberi pinjaman, apakah Sobat memenuhi syarat untuk mengajukan pemendekan jangka pinjaman.

Meski bisa menyelesaikan utang lebih cepat, Sobat juga harus ingat bahwa waktu pinjaman yang lebih pendek juga berarti peningkatan cicilan bulanan.

Jadi, sebelum mengajukan pemendekan jangka pinjaman, perhitungkan juga dengan pemasukan Sobat.

4. Lunasi utang yang lebih mahal dulu

Jika Sobat punya beberapa utang, pastikan Sobat berusaha melunasi utang dengan tingkat bunga yang paling tinggi terlebih dahulu.

Jika utang ini lunas lebih dahulu, uang yang harus dikeluarkan untuk membayar bunga juga berkurang.

Kemudian, Sobat bisa menggunakan dana ini sebagai tips membayar utang dengan bunga yang lebih kecil.

Dengan begitu, cicilan pinjaman akan makin mudah terjangkau dan Sobat bisa melunasinya dengan lebih cepat.

5. Berhenti menggunakan kartu kredit

Selain fokus pada pembayaran pinjaman, Sobat juga harus menahan diri untuk tidak menambah besar utang. Salah satu caranya adalah dengan berhenti menggunakan kartu kredit.

Jika ingin membeli sesuatu dengan nilai yang besar, lebih baik kumpulkan uang dengan cara menabung. Dengan demikian Sobat tidak akan terbebani bunga pinjaman dan menambah cicilan utang bulanan.

6. Mengurangi pengeluaran juga sebagai tips bebas hutang

Salah satu tips bebas dari utang yang tidak kalah penting adalah mengurangi pengeluaran.

Meskipun fokus pada pembayaran utang, pelunasan akan tetap lama tercapai jika Sobat tidak mengurangi pengeluaran bulanan.

Coba teliti lagi bagaimana pengeluaran bulanan Sobat. Kemudian, kurangi hal-hal yang tidak perlu dan sebenarnya Sobat tetap bisa hidup dengan baik tanpa hal tersebut.

Beberapa contohnya adalah langganan streaming film, sering makan di luar, pesan antar makanan, dan lain-lain. Pertimbangkan apa yang rela Sobat lepaskan demi bebas dari utang dengan cepat.

7. Jadikan kerja sampingan sebagai tips bebas hutang

Mencari pendapatan sampingan juga bisa membantu Sobat bebas dari utang dengan lebih cepat.

Gunakan pendapatan ekstra ini untuk membayar cicilan pinjaman. Dengan cara ini, Sobat bisa membayar lebih dari cicilan minimum setiap bulan.

Cari pekerjaan yang bisa dikerjakan dalam waktu singkat, misalnya pekerjaan menguji website atau aplikasi.

Akan tetapi, jika Sobat bisa meluangkan waktu lebih banyak dan mendapatkan uang yang lebih besar pula, mengambil pekerjaan lepas atau freelance bisa menjadi pilihan.

Nah, itulah tadi 7 tips bebas dari utang yang bisa Sobat coba. Melunasi utang memang butuh waktu yang terkadang cukup lama.

Akan tetapi, sobat mesti konsisten dan fokus dalam membayar cicilan juga dalam memperbaiki cara menggunakan uang, pelunasan utang juga bisa selesai lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *