Berita  

Jadwal Pengangkatan Presiden dan Wapres 2024

jadwal pengangkatan presiden

Apakah jadwal tanggal pengangkatan atau pelantikan Presiden dan Wapres tahun 2024 sudah ditentukan? Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 3 Tahun 2022, acara pelantikan atau pengucapan sumpah bagi Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024 dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 20 Oktober 2024.

Kendati begitu, seluruh rakyat Indonesia harus menunggu hasil perhitungan suara pemilu 2024 terlebih dahulu.

Adapun proses perhitungan suara dilakukan sebagai landasan bagi penetapan presiden dan wapres terpilih yang dijadwalkan paling lambat akan selesai hingga tanggal 20 maret 2024.

Jika hasil penghitungan suara menunjukan bahwa tidak ada pasangan calon yang memenuhi syarat batas maksimun untuk memenangkan pemilihan, maka akan diadakan pemilhan putaran kedua.

Jadwal Pengangkatan Presiden dan Wapres 2024 Putaran 1

KegiatanTanggal
Pemungutan suaraRabu, 14 Februari 2024
Penghitungan suaraRabu – Kamis : 14 – 15 Februari 2024
Rekapitulasi hasil penghitungan suaraKamis – Rabu : 15 Februari – 20 Maret 2024

Penetapan Hasil Pemilu 2024

Penetapan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD akan dilakukan sebagai berikut:

  • Jika tidak ada permohonan perselisihan hasil pemilu: selambat-lambatnya 3 hari setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) menerima pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi (MK) tentang daftar permohonan hasil pemilu Presiden dan Wakil Presiden.
  • Jika terdapat permohonan perselisihan hasil pemilu: selambat-lambatnya 3 hari setelah pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi.

Pelantikan dan Pengucapan Sumpah Presiden

Jadwal pelantikan untuk berbagai jabatan dalam pemilihan umum adalah sebagai berikut:

Jenis PemilihanTanggal
Presiden dan Wakil PresidenMinggu, 20 Oktober 2024
Anggota DPR dan DPDSelasa, 1 Oktober 2024
Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/KotaJadwal disesuaikan dengan masa jabatan individu anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota masing-masing

Jadwal Pengangkatan Presiden dan Wapres 2024 Putaran Kedua

1. Jadwal Pemutakhiran Data Pemilih Putaran Kedua

KegiatanTanggal
Pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilihJumat – Kamis: 22 Maret – 25 April 2024
Kampanye putaran keduaMinggu – Sabtu: 2-22 Juni 2024
Masa tenangMinggu – Selasa: 23-25 Juni 2024
Pemungutan suara putaran keduaRabu, 26 Juni 2024
Penghitungan suaraRabu – Kamis: 26-27 Juni 2024
Rekapitulasi hasil penghitungan suaraKamis – Sabtu: 27 Juni – 20 Juli 2024

2. Jadwal Penetapan Pengangkatan Hasil Pemilu Putaran Kedua

Jika tidak ada permohonan perselisihan hasil pemilu: Penetapan pemenang putaran kedua Presiden dan Wakil Presiden harus dilakukan paling lambat 3 hari setelah KPU menerima pemberitahuan dari Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai daftar permohonan perselisihan hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden putaran kedua.

Jika ada permohonan perselisihan hasil pemilu: Penetapan pemenang putaran kedua Presiden dan Wakil Presiden harus dilakukan paling lambat 3 hari setelah putusan MK dibacakan.

Pelantikan atau pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden terpilih hanya dapat dilakukan setelah proses rekapitulasi hasil pemilu dan penyelesaian perselisihan selesai. Penentuan jadwalnya ditetapkan oleh KPU.

Regulasi Mengenai Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024

Prosedur Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 Diatur dalam Pasal 50 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2024.

Aturan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024 adalah sebagai berikut:

  1. Pasangan Calon terpilih dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
  2. Jika calon Wakil Presiden terpilih berhalangan tetap sebelum pelantikan, calon Presiden terpilih dilantik menjadi Presiden.
  3. Jika calon Presiden terpilih berhalangan tetap sebelum pelantikan, calon Wakil Presiden terpilih dilantik menjadi Presiden.
  4. Jika kedua calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih berhalangan tetap sebelum dilantik, Majelis Permusyawaratan Rakyat akan mengadakan sidang untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dari dua Pasangan Calon yang diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang pasangan calonnya meraih suara terbanyak pertama dan kedua.
  5. “Berhalangan tetap” seperti yang dimaksud dalam ayat (2), (3), dan (4) termasuk: a) meninggal dunia; atau b) tidak diketahui keberadaannya.

Dengan mempertimbangkan informasi yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa tanggal 20 Oktober 2024 merupakan waktu pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk periode 2024-2029.