6 Denah Rumah Simple Sederhana Untuk di Lahan Sempit

denah rumah simple sederhana

Denah Rumah Simple Sederhana – Siapapun itu orangnya, tentunya mempunyai impian ingin mendesain rumah dengan model bentuk sesuai selera yang ingin di wujudkannya.

Dan agar bisa terwujud sebuah desain rumah yang di inginkan, maka diperlukan denah rumah. Karena, hal ini penting supaya rumah bisa memunculkan keefesienan dan fungsinya, betul?

Desain denah rumah merupakan gambar yang menampakan struktur ruangan atau sebuah tata letak pada sebuah bangunan rumah.

Fungsi denah rumah itu sendiri ialah untuk menemukan sekaligus melacak lokasi ruangan pada rumah yang akan dibangun.

Nah, artikel dalam halaman ini akan mengulas tentang sejumlah inspirasi deneah rumah model simple dan sederhana di tahun 2024 ini yang bisa kamu pergunakan sebagai bahan referensi dalam membangun rumah.

Jenis Denah Rumah Menurut Objek

Sebelum berlanjut ke Inpirasi atau Ide Denah Rumah yang simple da sederhana, umumnya perlu di ketahui terlebih dahulu tentang jenis denah rumah menurut objeknya.

Menurut buku yang kita, yakni buku Floor Plan (Buku standart Gambar Perencanaan Denah Lantai, Karya Alpha ST, M Pd), terdapat 2 macam jenis denah untuk rumah hunian berdasarekan objeknya, sebagai berikut:

1. Denah Lokasi Bangunan

Denah letak atau lokasi bangunan ini, biasa di pergunakan untuk memberikan panduan tentang tata letak sebuah bangunan dalam suatu lingkungan tertentu.

Misalnya saja, panduan berupa petunjuk tempat tertentu bangunan di sekitar lingkungan atau petunjuk nama bangunan, kota, hingga nama jalan.

2. Denah Bangunan

Jenis yang kedua, yakni denah bangunan yang merupakan gambar, dimana fungsinya untuk memberikan petunjuk tentang tata letak pada sejumlah ruangan dalam bangunan yang akan dibangun.

Jadi, denah rumah yang sementara kita bahas ini, termasuk kedalam jenis denah bangunan ini.

13 Denah Rumah Simple Sederhana

Berikut ini inspirasi dengan rumah yang simple dan sederhan yang dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi saat akan membangun rumah, sebagai berikut:

1. Denah Rumah Simple Sederhana Type 21

Denah rumah type 21 adalah denah untuk rumah tinggal dengan luas bangunan, sebesar 21 m2 (meter persegi) dan contoh ukuran lebar panjang bangunan-nya 3,5×6 meter.

Desain denah rumah tipe 21 ini, bisa kamu kombinasikan dengan luas tanah mulai dari 60m² hingga 72m².

Model denah rumah tipe 21 ini juga dapat kamu isi dengan beberapa ruangan, seperti 1 kamar mandi, 1 ruang tamu dan 1 kamar tidur.

2. Denah Rumah Simple Sederhana Type 36

denah rumah tipe 36

Denah tipe yang satu ini, yakni type 36 merupakan denah rumah simple dan sederhana yang cocok untuk bangunan berukuran 36 meter persegi. misalnya ukuran 6x6m.

Desain denah rumah tipe 36 ini dapat kamu kombinasikan dengan luas tanah mulai dari 60m² sampai dengan 72m² dan diisi dengan beberapa ruangan, seperti:

  • 1 ruang kamar mandi
  • 1 ruangan keluarga dan tamu
  • 2 ruang kamar tidur

3. Denah Rumah Type 45

Denah rumah ini dapat kamu pergunakan untuk rumah berukuran 6 x 7,5 meter atau setara dengan luas bangunan 45 meter persegi.

Denah rumah tipe 45 ini, dapat kamu isi dengan sejumlah ruangan didalamnya, seperti:

  • ruang kamar mandi
  • ruang keluarga dan tamu
  • dan 2 ruangan kamar tidur

4. Denah Rumah Type 54

Denah rumah tipe 54 pada gambar diatas mempunyai luas bangunan, yakni sekitar 54 meter persegi dengan ukuran 6×9 meter dan 4×13,5 meter.

Umum-nya model denah rumah ini mempunya ruangan 2 sampai 3 kamar tidur, ruang dapur yang terbilang luas, lalu ruang makan dan ruangan tamu.

Denah rumah seperti yang terlihat pada foto tersebut cukup untuk keluarga kamu yang hanya memiliki 2 anak. Selain itu, ruangan juga dapat di renovasi di masa depan menjadi rumah 2 lantai agar bisa nyaman ketika beristirahat.

5. Denah Rumah Tipe 60

Denah rumah tipe 60 yang satu ini memiliki ukuran bangunan, yaitu 6×10 meter dengan luas keseluruhan mencapai 60 meter persegi sesuai dengan tipenya.

Ukuran rumah tipe 60 terbilang cukup luas, sehingga bisa kamu pergunakan pada rumah kelas mewah di perumaham tetapi harganya masih terbilang terjangkau.

6. Denah Rumah 2 Kamar Tidur Minimalis

Denah Rumah 2 Kamar Tidur Minimalis

Denah rumah dengan 2 ruangan kamar tidur dengan gaya inspirasi rumah minimalis ini dibuat oleh seorang desain arsitektur yang didalamnya sudah terdapat tata ruangan, seperti:

  • teras depan
  • ruang semi terbuka
  • ruang tengah
  • 2 ruang kamar tidur
  • dan 1 ruangan kamar mandi

Khususnya di ruang kamar tidur utama, terdapat plafon type baki yang di pasang pada langit-langit rumah dilengkapi pula dengan ruang besar untuk menyimpan pakaian.

Tips Membuat Denah Rumah Simple dan Sederhana

Sebelum membuat rumah, terdapat hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam denah rumah yang di rancang, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Berapa Budget Kamu?

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan dalam membangun rumah adalah anggaran. Tetapkan anggaran awal dan hindari menyimpang terlalu jauh dari yang sudah ditetapkan.

2. Lokasi dan Luas Tanah

Saat membuat denah rumah, sebaiknya pilih lokasi, area, dan luas tanah yang cocok dan sesuai untuk desain rumah di masa depan.

3. Posisi Rumah

Posisi rumah sangat penting agar mendapat sinar matahari yang optimal. Rumah yang menghadap ke utara, misalnya, akan mendapatkan sinar matahari sebanyak mungkin. Ini juga pertimbangan bagi mereka yang ingin menanam tanaman dalam rumah.

4. Kebutuhan Keluarga untuk Saat Ini dan Mendatang

Anda mungkin pasangan baru yang ingin membeli rumah. Sebaiknya, pertimbangkan rencana tentang berapa jumlah anak yang ingin Anda dan pasangan miliki di masa depan. Ini penting untuk memastikan tersedianya jumlah kamar tidur yang cukup untuk anak-anak.

5. Hindari Tren

Banyak orang sering tergoda oleh tren saat membangun rumah. Padahal, tren bersifat sementara dan cepat berlalu. Pertimbangkan untuk membangun rumah dengan desain yang bersifat abadi, baik itu sederhana atau minimalis, yang akan bertahan selama 5 hingga 10 tahun ke depan.